Recent twitter entries...

keponakanku...


Adalah Muhammad Hasan Asy Syauqi, anak pertama dari 3 bersaudara. anak dari masku yang 'mbarep'. dia sunggah amat inspiratif buatku, tingkahnya, perkataannya, poertanyaannya dll.
suatu hari ketika dia mudik lebaran ke desa kendaga kecamatan banjarmangu kabupaten banjarnegara dari kota kelahirannya cimahi bandung, ada hal yang sangat menarik yang lahir mungkin spontan dari dirinya. pada saat itu ia tiba di rumah sekitar pukul 5 pagi bersama kedua orang tuannya. ia masih berusia 6-7 tahun kira-kira.
tiba dirumah setelah 8 jam perjalanan menggunakan bis budiman pasti sangat melelahkan, ia bertanya pada mbahnya
"Mbah, hasan mau ke air (kamar mandi), dimana?' dengan nada yang amat sederhana...
lalu mbahnya(bapakku) menjawab
"di belakang sana (sambil menunjukarah kamar madi dirumahku), hasan mau apa?"
sekali lagi dengan ekspresi yang amat sederhana hasan menjawab
"hasan mau wudlu, soalnya belum shalat shubuh"

sontak aku yang mendengarkan dialog itu begitu syok dan terkaget-kaget plus terkagum-kagum. bayangkan anak seusia itu, setelah penat dan capek perjalanan panjang yang melelahkan dan di pagi hari buta dimana sebagian dari kita barangkali masih lelap. sementara anak usia 6-7 tahun itu..... sungguh telah memberi inspirasi yang luar biasa. bagaimana dengan kita??

tidak hanya itu teman, malam harinya ketika waktu tidur menjelang anak ini kembali unik. kebanyakan anak-anak yang dicari pasti ibunya, tapi ini yang dicari adalah ayahnya (abi panggilannya) tapi bukan itu yang membuat menjadi unik. lantas apa?

kemudian abinya ngeloni si hasan di kamar dekat ruang tamu di rumahku, bukan lagu nina bobo atau yang lainnya, atau gending jawa seperti yang sering diputar dirumahku yang terdengar tapi lantunan ayat suci alquran yang terdengar (surat An Naba). setelah kira-kira 5 ayat di lantunkan oleh si abi, trus hasan yang tiba-tiba melanjutkan dengan santainya. ayat demi ayat di dendangkan terus teru dan terus, pendengaranku tak lari dari fenomena dahsayat itu dan akhirnya berujung pada ayat terakhir dari surat An Naba... sekali lagi aku terunduk malu, mengucap subhanallah lalu istighfar berkaca diri.. anak kecil itu benar-benar inspirasi.

pertanyannku, bagaimana dengan kita??

Comments (0)